oleh

5 Miliar untuk Perguruan Tinggi Inovatif

-NASIONAL-205 views

JAKARTA – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendorong perguruan tinggi untuk membentuk sebuah lembaga manajemen inovasi.

Keberadaan lembaga tersebut untuk mempercepat komunikasi dan transfer teknologi dari industri ke perguruan tinggi.

“Sebagai tindak lanjut hasil rakernas Kemenristekdikti 2019, untuk bidang pembuatan inovasi kami dorong perguruan tinggi mengembangkan ekosistem inovasi. Seperti yang dilakukan IPB University,” kata Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe, Kamis (31/1).

Di beberapa kampus, lanjutnya, sudah ada inkubasi bisnis. Itu akan disatukan menjadi satu kelembagaan yang kuat agar bisa kerja sama dengan seluruh stakeholder.

Kemenristekdikti juga akan memberi suntikan dana kepada masing-masing perguruan tinggi. Dia menargetkan setidaknya setiap perguruan tinggi mendapatkan suntikan dana masing-masing sebesar Rp 5 miliar.

Kendati demikian, hingga kini Kemenristekdikti masih menyeleksi perguruan tinggi mana saja yang layak diberikan suntikan dana tersebut.

“Akan kami lihat mana yang layak dapat. Karena itu perguruan tinggi harus terus proaktif menghasilkan inovasi. Khususnya inovasi yang bisa mengangkat keunggulan daerah masing-masing,” tuturnya. (*/amh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU