oleh

Dekopinda Dorong Daya Saing Koperasi Hadapi Revolusi Industri 4.0

CIKARANG UTARA – Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kabupaten Bekasi meminta para pengurus koperasi bersiap dalam menghadapi revolusi industri 4.0. dengan mendorong koperasi berbasis digital.

“Di era digital ini koperasi harus semakin maju dan mempunyai daya saing. Besok sudah tidak ada lagi system manual, pengurus koperasi menulis dan mencatat di buku tulis,”kata Ketua Dekopinda Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar ketika Rakerda Dekopinda di Hotel Java Palace.

Toto mengakui saat ini masih banyak koperasi di Kabupaten Bekasi yang masih menerapkan sistem manual. “Memang sekarang masih banyak yang manual. Namun besok sudah tidak lagi ada tinggal memanfaatkan handphone bisa melaporkan RAT dengan system android,”katanya.

Perkembangan industri membawa sejumlah ditantangan. Dimana implementasi industri ini tidak boleh hanya menjangkau perusahaan besar namun harus bisa menyentuh usaha kecil menengah dan koperasi.

Dekopinda Kabupaten Bekasi sebagai gerakan koperasi dikatakan Toto akan berupaya untuk terus mengadakan kegiatan pelatigan dan penyuluhan agar meningkatkan kapasitas koperasi untuk menghadapi tantangan digitalisasi ekonomi.

Jika ingin terus berkembang, kopersi harus berbenah secara serius dengan memanfaatkan teknologi informasi di dalam pengelolaan bisnisnya dengan sistem aplikasi yang berbasis teknologi diharapkan pelayanan  terhadap anggota bisa lebih maksimal.

Dalam Rakerda tersebut, Toto juga berharap agar para pengurus mulai bersama-sama melakukan gerakan koperasi bersama Dekopinda dengan gotong royong. (*/amh)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU