oleh

Tim Saber Hoaks Jabar Intens Perangi Bahaya Hoaks

CIKARANG SELATAN – Tim saber hoaks Propinsi Jabar terus intens mensosialisasikan bahaya hoaks di Jawa Barat melalui sosialisasi-sosialisasi yang dilakukan ke stiapa kabupaten/kota di Jawa Barat .

Ketua  Tim Saber Hoaks Jawa Barat, Alfiyanto mengatakan sudah mengunjungi enam kabupaten/kota dari total 12 kabupaten/kota di Jawa Barat yang menjadi sasaran soasialisasi bahaya hoaks  Tahun 2019 ini

“Kita harus memberikan eduksasi dengan membangun kesadaran digital kepada masyarakat khusunya di Jawa Barat  dalam keterbukaan informasi publik saat ini. Intinya harus saring sebelum sharing ,” ujarnya kepada FORMENEWS pada acara sosialisasi Jabar Saber Hoaks di  Gedung Tree Little Angel Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Kamis (4 /7/2019)

Dikatakannya, perkembangan teknologi yang pesat belum diimbangi dengan penggunaannya secara bijak, terutama di Indonesia. Masyarakat mudah terpancing oleh hal-hal yang justru dapat merugikan dirinya sendiri.

Selain itu, rendahnya budaya literasi membuat masyarakat enggan memverifikasi suatu berita yang belum jelas kebenarannya atau informasi negatif. Maka saat menerima berita bohong, banyak masyarakat yang langsung percaya dan menjadi panik.

“Indeks literasi masyarakat Indonesia berada di posisi 50 dari 60 negara. Orang Indonesia hanya satu konsentrasi 20 detik membaca berita. Kadang-kadang dibaca judulnya saja, isinya tara (tidak) dibaca,” tembahnya.

Dalam kesempatan tersebut tim saber hoaks juga mendeklarasikan Jawa Barat Sapu Bersih Hoaks yang melibatkan berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Bekasi serta eduksi bijak bersoasial media. (taj)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU