oleh

Jababeka Dorong UMKM dan Suplier Kawasan Lebih Berekspansi

JABABEKA- Keberadaan Exit Tol KM 19 dan Fly Over Pasir Gombong yang menghubungkan Jababeka I dengan dry fort mempermudah jalur distribusi barang serta mendorong supplier ke kawasan di Jababeka berekspansi.

Hal tersebut disampaikan  Manager Indutrial Estate Jababeka, Rudy Subrata kepada sejumlah awak media di Otto and Café Meals, Jababeka City, Kecamatan Cikarang Utara, pada Selasa (24/09/2019).

Menurutnya dengan kedua fasilitas tersebut akses aktifitas sejumlah perusahaan di Jababeka lebih mudah dan memperpendek jarak . Selain itu juga mempermudah pengiriman kontainer yang menuju Dry Fort dari berbagai kawasan di Kabupaten Bekasi  jauh lebih cepat.

“Kunci kawasan adalah sebenarnya bagaimana bisa berinteraksi dengan lingkungan sekitar serta antar kawasan yang merupakan tetangganya,”tambahnya

Dikatakannya saat ini sekitar 2.000 perusahaan yang ada di Jababeka mulai dari Jababeka I-VI serta kawasan industry lainnya dipermudah dengan empat akses pintu tol diantaranya KM 19, 31, 34 dan 37.

“Dengan koneksi dan fasilitas ini perusahaan yang akan ke Jababeka I atau VI atau sebaliknya bolak balik itu relatif lebih mudah dan murah dan diharapkan ada multiplayer effect termasuk untuk UMKM bisa lebih tumbuh dan bisa naik kelas,”jelasnya.

Disampaikan sinergitas kawasan industri dan UMKM sangat berperan dalam menyerap lapangan pekerjaan. Sekaligus menjadi salah satu solusi untuk menuntaskan masalah pengangguran di Indonesia

“Adanya kawasan industri di Cikarang ini, tidak hanya sebagai penyedia lapangan kerja, tapi juga mendorong tumbuhnya berbagai bidang usaha dan menjadi sebuah peluang bisnis baru,”imbuhnya.

Selain itu menurutnya meski ada rencana ibukota pindah ke Kalimantan posisi kawasan timur Jakarta untuk 10 tahun ke depan masih akan terus tumbuh lantaran infrastruktur yang bagus dan memadai.

“Saat ini investasi di timur Jakarta paling besar, konsumsi listrik paling besar juga kita di Jawa Barat. Saya pikir akan terus berkembang,”terangnya. (taj)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU