oleh

RM Saung Cobek Sa’ayana Sajikan Kuliner Tempo Dulu

Alunan kacapi suling menyambut setiap tamu yang datang dan ingin melepas lelah atau sekedar ingin mencicipi kuliner khas Sunda lawas di RM Saung Cobek Sa’ayana. Dengan tetap menerapkan protokol Covid -19 tamu akan disambut oleh petugas dan diperiksa dulu suhu tubuhnya.

KARAWANG – ABU MUHAMMAD HASANAIN

Memperkaya kuliner khas tradisional Jawa Barat serta nasional RM Saung Cobek Sa’ayana hadir dengan ciri Khas Sunda seutuhnya baik interior maupun kulinernya . Berada di lokasi yang strategis RM Saung Cobek Sa’ayana yang berada sekitar 12 KM dari Kota Karawang, menjadikan lokasi tersebut gampang untuk dicapai bagi siapa pun penikmat kuliner khas Sunda baik dari arah Jakarta maupun arah Bandung.

Untuk menuju lokasi tersebut penikmat kuliner  tinggal mengikuti Jalan Karawang -Loji tepat dipinggir jalan di Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat atau sekitar 15 Menit perjalanan dari pintu tol Karawang Barat.

Sementara bagi penikmat kuliner yang dari arah Jakarta bisa ditempuh sekitar 20 Menit dari pintu tol Deltamas atau Cibatu melewati Kawasan GIIC menuju Desa Pasirranji kemudian menyebrangi Bendungan Cibeet sekitar 500 meter ke arah Loji.

“Pokona pas weh diturunan atau pudunan Pasir Nyongcot, Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat sebelah kiri ada tulisannya gede RM Saung Cobek Sa’ayana, wilujeng sumping weh didieu, ” ujar Manager RM Saung Cobek Sa’ayana, Karnawan disela-sela pembukaan RM tersebut pada Rabu (29/07/2020).

Mengusung konsep makanan lawas tradisi yang dimodifikasi  Saung Cobek Sa’ayana tampil dengan khas ciri bangunan Sunda seperti gazebo tempat beristirahat serta balandongan yang luas untuk tempat makan.

“Kita sediakan disini masakan khas Sunda lawas seperi aneka cobek atau pecak ada Ikan Nila, Gurame,  Mas dan lainnya. Yang pada prinsipnya kita mengekplore makanan yang basicnya dari cobek. Semua jenis ikan bisa cobek meski ikan laut sekalipun bahkan termasuk ayam bisa dicobek juga, namun yang fenomenal jaman dulu ada cobek lele dan belut. Dan makanan Sunda yang biasa disajikan seperti sayur-sayuran , kayak terong itu bisa dicobek juga,” tambah pria yang biasa dipanggil Kang Cueng ini.

Tidak hanya berbasic cobek atau pecak RM Saung Cobek Sa’ayana (SCS) juga juga menyediakan menu makanan nasional seperti Gurame Saus padang, Nila Bakar Asam Pedas, Gurame Bakar Rica-rica, Capcay Goreng Seafood, Udang Lada Hitam , Nila Tutu Cabe Ijo, Gurame Asam Manis dan lainnya.

“Kita mencoba mencampur atau memix juga makanan dan minuman tradisi dengan makanan nasional maupun internasional karena memang Karawang-Bekasi ini masyarakatnya sudah heterogen dari berbagai suku dan bangsa ada di Bekasi dan Karawang ini,” tambahnya

Selain untuk acara santai serta kumpul keluarga atau acara syukuran ulang tahun, RM Saung Cobek Sayana juga menyediakan tempat untuk acara resmi, seperti meeting, diskusi, pernikahan (wedding) dengan fasilitas yang memadai.

“Kita sediakan ruangan khusus untuk VIP atau yang akan mengadakan pertemuan lengkap dengan sound system, AC serta infocus,” imbuhnya.

Sementara bagi mereka yang membawa anak anak kecil bisa bermain ayunan atau sekedar berjalan-jalan keliling melihat empang yang sudah diisi dengan ikan. Atau bagi penghobi mancing disediakan ikan untuk dipancing.

“Kita juga dilengkapi dengan fasilitas parkir yang memadai toilet yang bersih serta sarana ibadah plus area bermain anak. Juga protokol Covid-19 ketat yang kita terapkan di era new normal ini. Mari kita mencintai kuliner jaman dulu warisan nenek moyang kita. Kini saatnya cobek ngabuana, ” terangnya. (*)

RM SAUNG COBEK SA’AYANA
ALAMAT: Jalan Karawang-Loji, Desa Wanajaya, Kec. Teluk Jambe Barat. Kab. Karawang
TLP/WA. 0878 8671 7859 atau 0878 1499  1337

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU