oleh

Musdes Desa Nagasari Rencanakan Pembangunan Berkelanjutan 2021

SERANG BARU – Desa Nagasari, Kecamatan Serang Baru, Kabupaten Bekasi, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) sebagai langkah untuk membangun desa yang berkelanjutan di Tahun 2021, di Aula Desa, pada Selasa (10/11/2020).

Kepala Desa Nagasari Darkim Nurseha mengungkapkan, masih ada pekerjaan rumah untuk Tahun 2020, yakni penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Tahap Tiga Tahun Anggaran 2020 tiga bulan berikutnya, bulan Oktober, Nopember dan Desember, dan dimasukan di APBDes perubahan. Sehingga DD Tahap Tiga tidak ada untuk pembangunan fisik. Maka di Musdes ini, pembangunan yang tidak dilaksanakan atau tidak terealisasi diusulkan kembali dan menjadi skala prioritas untuk pembangunan Tahun Anggaran 2021. Tapi ingat Tahun 2021 pembangunannya harus berkelanjutan yakni untuk pemulihan ekonomi karena pandemi korona Covid-19 melanda negara kita Tahun 2020.

“Saya berharap usulan-usulan yang diajukan untuk ditetapkan di RKPDes Tahun 2021 tepat sasaran dan benar-benar kebermanfaatannya untuk seluruh warga Desa Nagasari,” tuturnya kepada FORMENEWS.ID.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Serang Baru sebagai Tim Monitoring Musdes Fahrul Fauzi menegaskan, Musdes Desa Nagasari untuk menyusun dan menetapkan RKPDes Tahun 2021, tentunya semua harus bermuara pada regulasinya. Agar dalam pelaksanaannya nanti bisa dipertanggung jawabkan.

“Saya apresiasi terhadap kinerja BPD dan Pemdes dalam menjalankan tugasnya, sehingga roda pemerintahan desa terus berjalan sesuai rencana kerja pemerintah desa,” terangnya.

Sementara itu Pendamping Lokal Desa Kecamatan Serang Baru, Abod Dulhaer, SE, menjelaskan, anggaran Dana Desa tahun 2021 akan diprioritaskan untuk Pembangunan Nasional Berkelanjutan di Desa atau fokus pada Sustainable Development Goals (SDGs). SDGs Desa merupakan salah satu upaya terpadu untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan berkelanjutan di desa masing-masing. Yang sesuai dengan Permendes PDTT Nomor 13 Tahun 2020 tentang prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

“Fokus utama dalam prioitas penggunaan Dana Desa tahun 2021 antara lain, Pertama, pemulihan ekonomi Nasional sesuai kewenangan desa. Hal tersebut terkait dengan pembentukan, pengembangan, dan revitalisasi BUMDes, penyediaan listrik desa dan pengembangan usaha ekonomi produktif, utamanya yang dikelola BUMDes,” jelas Abod.

Diketahui Usulan yang diajukan dalam Musdes Nagasari sebanyak 78 usulan belum termasuk pencegahan dan penanggulangan sunting. (Agus/amh/amh)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU