oleh

Pandemi Covid-19 Tak Halangi Kader JKN Edukasi Masyarakat Tentang JKN-KIS

CIKARANG, – Di tengah Pandemi Covid-19 tidak membatasi BPJS Kesehatan untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia. Seperti yang dilakukan oleh satu satu kader JKN-KIS asal Cikarang, Agustin. Meski berada di situasi dan kondisi Indonesia saat ini, Ia tetap memberian edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat dari adaya Program JKN-KIS. Tentu protokol kesehatan pun menjadi suatu kewajiban yang dilakukan oleh Agustin saat mengunjungi rumah peserta.

“Selama Pandemi Covid-19 saya tetap menjalankan tugas saya sebagai kader JKN-KIS untuk mengingatkan peserta akan tanggung jawabnya dan mengedukasi mengenai manfaat dari adanya Program JKN-KIS,” ujar Agustin, Senin (27/07).

Ia yang sejak lama tergabung menjadi kader JKN-KIS mengungkapkan perbedaan yang ia rasakan selama masa pandemi covid-19 membuat dirinya sempat kesulitan untuk melakukan sosialisasi ke maysrakat. Namun karena nuraninya, ia tetap menjalankan tugas sebagai kader JKN-KIS dengan sepenuh hati.

“Ada bedanya ketika bekerja saat sebelum dan saat pandemi covid-19. Biasanya, sebelum pandemi kita bisa langsung bertatap muka dan lebih santai saat menjelaskan bila ada pertanyaan dari peserta JKN-KIS. Tetapi sekarang kita tidak boleh berlama-lama berada di luar. Semua ini ya demi kebaikan kita maupun peserta yang kita kunjungi. Biasanya jika ada pertanyaan lebih lanjut saya melanjutkannya melalui whatsApp” ujarnya.

Saat ditemui oleh tim jamkesnews, Agustin mengungkapkan walaupun dirinya dapat mengedukasi peserta secara tidak langsung melalui aplikasi whatsApp, namun beberapa peserta meminta untuk dijelaskan secara langsung. Hal ini yang membuat ibu agustin mau tidak mau menjalaskan secara langsung

“Kalau sekarang, kita terbatas hanya lewat WA atau telpon langsung, dan sms, jika nomornya aktif sebisa mungkin saya menghubungi lewat WA saja. Namun, beberapa peserta ada yang sudah dijelaskan melalui telepon tetapi belum paham juga. Akhirnya mau tidak mau saya langsung mendatangi peserta tersebut secara langsung,”

Salah satu peserta kunjungan Agustin, Nurlela mengungkapkan terima kasihnya lantaran sudah mengedukasi ia dan keluarganya untuk bergabung menjadi peserta JKN-KIS.

“Saya senag ketika saya diberikan kesempatan untuk dikunjungi ibu agustin secara langsung. Sebelumnya saya tidak menyadari pentingnya Program JKN-KIS bagi saya. Tapi setelah saya diberikan penjelasan oleh kader JKN-KIS saya jadi tahu betapa pentingnya Program itu,” tutupnya (Hk/rr/amh/)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU