oleh

Okupansi dan Hiburan Turun, Tapi BPHTB, PBB hingga PPJ Naik

CIKARANG PUSAT – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bekasi terus memaksimalkan penerimaan pajak untuk menggenjot pendapatan asli daerah (PAD).

Meski kondisi pandemi covid-19, hasil kerjasama semua pihak membuat kinerja PAD secara keseluruhan merangkak naik.

Kepala Bapenda Herman Hanafi melalui Kepala Bidang Pengelolaan Pajak, Jenal mengakui bahwa PAD sektor pajak masa pandemi merupakan sebuah tantangan tersendiri.

“Okupansi hotel rendah sejak ada Covid-19. Jadi memang berdampak ke penerimaan pajaknya. Target pajak hotel tahun ini Rp30 miliar,” ucap dia.

Selain itu penerimaan pajak hiburan di Kabupaten Bekasi juga belum bisa merangkak naik kembali. Karena menurut Jenal, sejak ada Perda Tempat Hiburan Malam (THM), Pemerintah Kabupaten Bekasi hanya mengandalkan bioskop untuk penerimaan pajak sektor hiburan.

“Bioskop memang katanya sudah dibuka kembali. Ya mudah-mudahan kalau memang mereka wajib pajak yang baik, pasti akan melapor ke kita,” katanya.

Meski ada beberapa sektor penerimaan pajak yang belum maksimal, Jenal mengungkapkan sektor pajak lainnya masih memberikan kontribusi yang cukup fantastis. Sebut saja BPHTB dan PBB.

“Kalau untuk pencapaian masih normal. Dari BPHTB saja kita sudah mencapai sekitar 30 persen. PBB sudah sekitar 20 persen. Jadi di masa pandemi ini BPHTB dan PBB yang jadi primadona kita. Target BPHTB kita hampir Rp1 triliun,” jelas dia.

Penerimaan pajak lainnya yang juga ikut memberikan kontribusi positif yakni dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ). Jenal mengaku hingga triwulan kedua ini penerimaan pajaknya sudah mencapai sekitar 45 persen.

“Iya. Alhamdulillah dari PPJ sudah 45 persen dari target hampir Rp400 miliar,” katanya.

Jenal pun semakin optimistis target bisa terpenuhi. Apalagi tahun ini ada wajib pajak baru yang berjumlah sekitar 124.

“Di tahun ini target pendapatan pajak di Kabupaten Bekasi Rp1,9 triliun. Tapi kalau dengan retribusi, sesuai harapan Pak Kepala Bapenda bisa mencapai Rp2,5 triliun. Ya mudah-mudahan tercapai,” imbuh dia. (cr 01A/amh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU