oleh

Sekolah Ramah Guru, Perlukah?

Oleh : Hamdani, S.Pd. MM (*)
Bagian (1)

Peringatan Hari Guru Nasional 2021 yang kurang lebih satu bulan lagi akan kita laksanakan, kira-kira kado apa  yang saudara dapat nanti saat Hari Guru Nasional 2021, apakah berlalu seperti biasanya ? atau ada hal istimewa yang saudara akan dapat ?

Hai para guru sadar tidak jika kita  itu memiliki regulasi berupa Undang-undang, undang-undang loh, bukan Peraturan. Kita tahu bagaimana tata urutan perundang-undangan di Indonesia, yakni :

  • UUD 1945
  • Tap MPR
  • UU
  • Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang
  • Peraturan Pemerintah
  • Keputusan Presiden
  • Peraturan Daerah

Bisa kita pahami betapa jabatan guru itu sama dengan profesi-profesi lainnya ada regulasi yang menaunginya, tapi kenyataannya bagaimana perhatian para pemangku kepentingan terhadap guru, saya tidak menyalahkan mereka yang masih memandang guru dengan pemikiran mereka, karena kitanya sendiri yang masih belum bangga, belum nyaman menjadi guru.

Masih banyak guru yang dipidanakan lantaran mereka dianggap berbuat diluar batas kewajaran terhadap anak didik, sentil sedikit, lapor ! marah sedikit dianggap tidak ramah, dilaporkan ! dengan dalih melanggar UU Perindungan Anak, coba bayangkan ! padahal guru juga punya UU, punya UU ! tapi mengapa terkadang UU guru lebih tumpul dan seakan tidak berguna jika dihadapkan pada UU Perlindungan Anak.

Program Sekolah Ramah Anak sangat digencarkan, sangat disosialisasikan sehingga sangat membuka ruang buat guru salah jika tidak ramah dengan anak, padahal yang mestinya ramah,sopan santun dan beradab tinggi itu mestinya anak, bukan gurunya.

Terkadang gurunya sendiri terbawa ikut-ikutan buat mensosialisasikan Sekolah Ramah Anak, kalau mau berimbang ya harus dibuat sama-sama, ada Sekolah Ramah Anak dan ada juga Sekolah Ramah Guru, karena kedua-duanya memiliki regulasi yang sama. (*)

(*) Kepala Sekolah, Dosen Univeritas Terbuka dan Sekretaris PGRI Kabupaten Bekasi

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU