oleh

Bea Cukai Madya Bekasi Musnahkan Jutaan Rokok Ilegal

CIKARANG BARAT  – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Madya Bekasi memusnahkan jutaan rokok serta ribuan botol minuman keras. Pemusnahan barang milik negara (BMN) dilaksanakan  Halaman Kantor Bea Cukai Tipe A Bekasi di Jalan Sumatra Blok D-5, Kawasan Industri MM2100, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, pada Rabu (17/11/2021).

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Barat Yusmariza menjelaskan, kegiatan ini merupakan bentuk sosialisasi kepada masyarakat mengenai ketentuan di bidang cukai. Termasuk komitmen DJBC Jawa Barat dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean A Bekasi (KPPBC TMP A) dalam menekan peredaran barang kena cukai ilegal di Jawa Barat.

”Dengan menurunnya daya beli masyarakat terhadap rokok karena pandemi Covid-19, ternyata yang menyebabkan peredaran rokok Ilegal menyebar ke kota, walaupun merambah ke kota semoga peredaran rokok ilegal tidak meningkat, hingga penerimaan cukai meningkat dan akan berdampak pada kenaikan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBH CHT),” katanya pada awak media.

Yusmariza menerangkan alokasi DBH CHT ini diantaranya untuk mendukung program jaminan kesehatan nasional, menanggulangi dampak negatif rokok, dampak kebijakan CHT dan dampak kebijakan pertembakauan nasional. Dengan sasaran prioritas petani tembakau atau tenaga kerja pabrik rokok, dengan tetap disinkronisasikan dengan kegiatan yang didanai dari APBD.

”Jadi itu sangat penting diketahui bahwa pentingnya cukai terhadap barang wajib cukai,” ungkapnya.

Dalam pemusnahan tersebut (KPPBC TMP A memusnahkan yaitu Sigaret sebanyak 4.120.400 batang, minuman keras sebanyak 21.210 mililiter dan yang telah mendapatkan putusan tetap dari Pengadilan Negeri Kota Bekasi yaitu Sigaret sebanyak 2.534.160 batang.

“Jadi keseluruhan barang yang dimusnahkan hari ini totalnya Sigaret sebanyak 6.654.560 batang dan MMEA 21.210 mililiter. Barang-barang tersebut telah mendapatkan persetujuan dari Menteri Keuangan untuk dimusnahkan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan terkait Covid-19 dan mengambil lokasi halaman KPPBC TMP A Bekasi,” tandasnya. (agus/amh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERBARU