oleh

Badan Standardisasi Nasional Kini Hadir di Cikarang

CIKARANG PUSAT-  Badan Standardisasi Nasional (BSN) meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) di Ruko Notredame Blok B-18 Jalan Boulevard Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Selasa (26/2/2019).

Kepala BSN, Bambang Prasetya mengatakan, dipilihnya Kabupaten Bekasi menjadi KLT-BSN merupakan hasil kajian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang melihat Bekasi adalah pemilik kawasan industri terbesar dengan ribuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) yang dimiliki.

“Kami berharap masyarakat Bekasi dan sekitarnya akan semakin mudah mendapatkan layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian (SPK). Selain itu diharapkan jumlah industry dan UKM yang menerapkan SNI diwilayah ini akan semakin meningkat serta pelayanan yang lebih efektif, efisien,”ujarnya.

Dikatakannya hal itu merupakan langkah nyata pihaknya dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2014 Pasal 8 Ayat 2 yang menerangkan bahwa tugas dan tanggung jawab di bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian dilaksanakan oleh BSN.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Uju menambahkan dari total 514 Kabupaten/Kota se-Indonesia, Kabupaten Bekasi terpilih oleh Bappenas menjadi daerah pertama peresmian kantor layanan teknis BSN.

“Di kita ada 15.000 lebih UMKM, cukup potensial. Di sisi lain, produk-produk yang dimiliki UMKM kita belum terstandarkan. Dengan adanya BSN ini semua produk kita akan memiliki daya saing di tingkat nasional hingga internasional. Karena dengan mengantongi SNI, maka ada jaminan mutu dan produk di sana,” kata dia.

Uju mengimbau, para pelaku UMKM untuk memanfaatkan peluang ini. Sebab, mereka tidak perlu lagi harus ke Jakarta untuk meraih standardisasi produk.

“Karena layanannya lebih dekat lagi, tidak harus ke Jakarta. Ini bagaimana kita menangkap peluang pasar tentunya, sehingga produk kita punya daya saing,” tandas Uju.(fib/byu/amh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *