oleh

Desa Wibawamulya Salurkan BLT-DD Tahap Satu Kepada 248 KK

CIBARUSAH – Sekitar 248 Kepala Keluarga (KK) Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap satu Tahun 2020. BLT yang dibagikan terhadap warga atau KK diberikan langsung oleh pihak Bank BJB, yang disaksikan Pemerintah Desa Wibawamulya, Camat Cibarusah, BPD,  PDP, PLD, Babinsa dan Bimaspol. Pemberian BLT tersebut dilaksanakan di Aula Desa, Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah pada Senin (8/6/2020).

Pj Kepala Desa Wibawamulya H. Ganda Sasmita mengatakan, dirinya atau pihak Pemdes hanya sebagai fasilitator, dalam penyaluran BLT, karena pihak BJB lah yang langsung memberikan kepada warga.

Disampaikannya sebelumnya penerima BLT tersebut, datanya telah disinkronkan dengan data lainnya. Sehingga yang mendapatkan BLT adalah warga yang benar-benar tidak mendapatkan bantuan dari manapun. Salah satunya dalam keluarganya ada yang menderita penyakit kronis dan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) tetapi diprioritaskan yang tanggungan keluarganya banyak.

“Insya Alloh warga yang menerima BLT tidak tumpang tindih dengan data lainnya, atau bantuan lainnya,” kata Haji Ganda kepada FORMENEWS.ID, Senin (8/6/2020).

Lanjut dia, memang yang paling rumit adalah saat mensinkronkan data, kemudian di verifikasi. Setelah data sinkron, dilanjutkan dengan Musdesus, kemudian dilakukan pengecekan langsung ke penerima BLT oleh Tim Relawan Covid’19, dan perangkat desa disaksikan BPD, PLD, Babinsa serta Bimaspol. Barulah di dibuatkan peraturan desanya (Perdes).

“Alhamdullah BLT telah tersalurkan, tentunya atas kerja keras perangkat desa, dan tim relawan Covid’19, RT, RW, yang bekerjasama dengan BPD, PLD, dan diawasi oleh Babinsa dan Bimaspol,” tandasnya.

Sementara itu Camat Cibarusah Muhamad Kurnaepi menegaskan, sampai saat ini di Kecamatan Cibarusah baru satu desa yang menyalurkan BLT. Sisanya lima desa, menurut informasi data BLT telah masuk ke BJB. “Insya Alloh BLT bulan ini bisa secepatnya disalurkan,” terangnya.

Senada disampaikan Ketua BPD Wibawamulya Badriawan menuturkan, dirinya apresiasi atas kinerja yang dilakukan oleh pemdes dalam pencegahan penyebaran virus korona Covid’19. Termasuk pendataan terhadap warga agar menerima bantuan dan datanya tidak tumpang tindih.

“Semoga apa yang telah dilakukan pemdes dan BPD serta tim relawan Covid’19 dapat bermanfaat bagi warganya,” pungkasnya.  (ags495/amh)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *