oleh

BPR Dana Muti Guna Tandatangani PKS Pemanfaatan IKD dengan Ditjen Dukcapil

KAB BEKASI – BPR Dana Multi Guna, Kabupaten Bekasi bersama ratusan BPR dan BPRS seluruh Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan identitas kependudukan digital (IKD) dengan Ditjen Dukcapil, Kemendagri pada Seminar Nasional dan Rakernas Perbarindo 2023 di The Trans Resort Bali, Seminyak, Kabupaten Badung, pada Kamis, (19/10/2022).

Direktur BPR Dana Multi Guna (DMG), Darheni Cahya Noviyanti mengatakan BPR DMG bersama 7 (tujuh) BPR lainnya antara lain BPR Eka Bumi Arta, BPR Modern Express, BPR Danagung Ramulti, BPRS PNM Patuh Beramal, BPR Nusamba Kubutambahan, BPR Sulawesi Mitra Mandiri dan BPR Urban Bali, mewakili ratusan BPR/BPRS dari seluruh Indonesia secara simbolis ikut serta dalam penandatangan PKS tersebut terkait penggunaan data Identitas Kependudukan Digital (IKD)

“Pada saat acara juga ditampilkan hasil pilot project pemanfaatan IKD di 4 (empat) BPR yang salah satunya yaitu BPR Dana Multi Guna,” ujarnya pada Senin (23/10/2023).

Dikatakannya identitas kependudukan digital berupa aplikasi di Handphone yang dikeluarkan oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri. Nasabah dapat men-share QR code-nya kepada bank dan nasabah dapat mengetahui siapa saja yang telah men-scan QR code-nya dalam histori aktivitas yang ada dalam aplikasi tersebut.

“Dengan demikian, para nasabah pengguna IKD dapat terlayani dengan baik sebagaimana di harapkan oleh DitJen Dukcapil di BPR Dana Multi Guna yang juga merupakan Lembaga Pengguna Data Kependudukan. Dengan hadirnya IKD akan mempermudah bagi industri dalam mengindentifikasi nasabahnya,” tambahnya.

Disampaikannya melalui pemanfaatan data dari Ditjen Duckapil dan akses melalui Sharing Bandwidth Perbarindo, BPR Dana Multi Guna dapat melakukan layanan perbankan dengan IKD sehingga pelayanan lebih cepat, aman, simpel dan fleksibel.

“Metodenya yang digunakan adalah verifikasi NIK, Card reader, dan kemudian akan ditambah dengan IKD,” terangnya.

Hadir pada acara tersebut Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah serta Dirjen Dukcapil Dr. Teguh Setyabudi M.Pd untuk menandatangani PKS, serta membuka acara Rakernas dengan tema “Era Baru Industri BPR BPRS. Momentum Hadirnya UU P2SK” . Dirjen Dukcapil juga memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan IKD kepada peserta yang hadir. (*/amh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *